RSS

16 Juli 2010

Proses Pemasaran dalam Perencanaan Strategis Berorientasi Pasar.

Proses Pemasaran dalam Perencanaan Strategis Berorientasi Pasar.
1.Perusahaan Akan Menentukan Visi (Tujuan).
Sebagai sebuah perushaan yang berorientasi pasar tentu saja Perusahaan harus menentukan Visi (Tujuan) dari perusahaan tersebut, hal ini dilakukan agar perusahaan punya tujuan yang jelas dan dapat dengan mudah mencapai tujuan tersebut. Biasanya tujuan atau orientasi dari Perusahaan ini akan lebih pada ingin melayani kebutuhan atau keinginan pelanggan (customer)nya daripada sekedar memproduksi barang atau jasa kemudian menjualnya.

2.Menentukan Misi dari Masing-masing SBU ( Strategic Business Unit )
Langkah ini dilakukan adalah bertujuan agar dari masing-masing Unit Perusahaan dapat menentukan kebijakan-kebijakan yang akan dilakukan atau dilakasanakan mengenai siapa calon pembelinya (customernya), produk apa yang akan dproduksi, beberapa kuantitasnya dan lain-lain.
B.Hal-hal yang Menyangkut Isi dari Rencana Pemasaran dari Suatu Perusahaan.
Ada beberapa hal langkah yang harus direncanakan dan dilaksanakan dalam proses pemasaran suatu perusahaan yaitu antara lain: Mind share (strategic), Market Share (Tactic), Heart Share (Value) dan Soul Share (Generous), secara lebih detail bias dilihat sebagai berikut :
1.Mind Share (Strategic), hal ini tercakup dalam sebuah strategi yang didalamnya terdapat proses Segmenting, Targeting dan Positioning.
a.Segmentation (Pemetaan)
Segmentasion adalah suatu cara dalam membagi pasar berdasarkan variabel-variabel tertentu seperti geografi, demografi, psikologi, perilaku dan bahkan sampai pada variabel terkecil yaitu individu.
b.Targeting
Targeting adalah proses pemilihan target dan mencocokkan reaksi pasar dengan kebutuhan dasar, kemampuan daya beli dan keterbatasan yang dimiliki.
c.Positioning
Positioning adalah bagaimana menempatkan sebuah produk ke dalam benak customer secara luas, sehingga akan tertanam dalam benak pasar bahwa perusahaan kita adalah definisi dari kategori produk yang kita jual. Bukan bagaimana posisi produk kita di pasar, melainkan bagaimana produk kita selalu diingat oleh pelanggan.
2.Market Share (Tactic) atau yang sering kita kenal dengan pangsa pasar adalah persentase dari keseluruhan pasar untuk sebuah kategori produk atau servis yang telah dipilih dan dikuasai oleh satu atau lebih produk atau service tertentu yang dikeluarkan sebuah perusahaan dalam kategori yang sama. Dalam hal ini diperlukan beberapa taktik untuk mendukung strategi yang digunakan untuk merebut pangsa pasar yaitu: Pembedaan (Differentiation), Bauran Pemasaran (Marketing Mix), Penjualan (Selling).
a.Diferensiasi (Differentiation)
Diferensiasi adalah sebuah pembeda atau bagaimana caranya agar menjadi berbeda dengan produk atau perusahaan lain.
b.Bauran Pemasaran (Marketing Mix)
Bauran Pemasaran adalah sebuah tingkatan yang menggabungkan elemen penting pemasaran benda atau jasa, seperti keunggulan produk, penetapan harga, pengemasan produk, periklanan, persediaan barang, distribusi dan anggaran pemasaran, dalam usaha memasarkan sebuah produk atau jasa.
c.Penjualan (Selling)
Selling atau penjualan adalah sebuah teknik dalam membujuk atau meyakinkan konsumen bahwa dalam produk yang dijual terdapat solusi atau keuntungan yang lebih bagi pelanggan.
3.Heart Share (Value), adalah sebuah strategi untuk memenangkan pasar dengan jalan memberikan nilai lebih kepada pelanggan dengan jalan memberikan pelayanan yang terbaik kepada mereka. Untuk memenangkannya kita dapat menggunakan beberapa cara seperti berikut : Branding (Penamaan), Process (Proses) dan Service (Pelayanan).
a.Branding (Penamaan)
Branding merupakan suatu langkah dalam memberikan identitas kepada produk atau jasa yang kita jual, atau yang sering kita kenal istilah merk. Tujuan pemberian merk ini adalah pelanggan dapat dengan mudah membedakan produk yang kita jual di pasar dengan produk-produk lain.
b.Process (Proses)
Proses dapat didefinisikan sebagai penganalisisan peluang pasar, pengembangan strategi marketing, perencanaan langkah-langkah marketing yang akan dilakukan dan memaksimalkan usaha marketing berdasarkan langkah yang telah ada.
c.Service (Pelayanan)
Service (Pelayanan) merupakan hal yang paling mendasar yang dijual oleh para pengusaha baik pengusaha barang, terlebih lagi pengusaha jasa karena tidak ada satu bisnispun di dunia ini yang tidak menggunakan pelayanan.
4.Soul Share (Generous) adalah salah strategis yang dilakukan melalui sebuah sikap murah hati, hal ini dilakukan untuk tujuan agar para pelanggan setia atau loyal kepada kita. Ada beberapa cara untuk mencapai tujuan agar pelanggan menjadi loyal yaitu antara lain :
a.Jujur
Sikap jujur adalah kunci utama dari kepercayaan pelanggan. Kepercayaan bukanlah sesuatu yang diciptakan. Tetapi kepercayaan adalah sesuatu yang dilahirkan. Jadi sikap jujur adalah ini dari nilai tambah dan pengalaman lebih yang akan ditawarkan. Sebaik apapun value yang coba kita tawarkan pada pelanggan apabila kita tidak bersikap jujur maka semuanya akan sia-sia.
b.Profesional
Seiring dengan sikap jujur tadi, maka juga sangat penting juga sebuah sikap profesional dalam bekerja. Karena sikap profesional ini akan menjauhkan kita dari sikap malas, tidak mau berusah keras dan hanya menerima tanpa ada usaha untuk menuju ke arah yang lebih baik.
c.Silaturrahim
Silaturrahim pada dasarnya adalah formula untuk menjaga hubungan baik dengan sesama manusia, lingkungan, makhluk hidup yang lain, dan tentu saja dengan Tuhan. Dengan silaturrahim, kita melakukan suatu hubungan atas dasar kasih sayang. Silaturrahim adalah kunci dalam melakukan usaha sebagai sarana untuk menuju sumber daya yang tidak terbatas (unlimited resources). Karena dengan silaturrahim, kita akan mampu membentuk komunikasi dua arah dan pada akhirnya akan mampu mengetahui dan memahami apa-apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan pelanggan.
d.Murah hati
Murah hati merupakan sebuah sikap saling mengerti antara pengusaha dengan pelanggannya agar tercipta hubungan yang baik dan saling menguntungkan diantara kedua belah pihak.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar