RSS

17 April 2009

PANCASILA MENGHADAPI TANTANGAN ZAMAN

Kontek Pancasila dihubungkan dengan dimensi ideologi dalam kemampuannya mempengaruhi dan menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman.

Pancasila
1.Ketuhanan yang maha esa
2.Kemanusiaan yang adil dan beradap
3.Persatuan Indonesia
4.Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
5.Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

a.Pancasila sebagai sebuah ideologi menjiwai karakter masyarakat Indonesia sebagai masyarakat yang beragama yang hal ini tertuang dalam sila pertama Pancasila.
Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin hari semakin pesat masyarakat Indonesia dituntut untuk tetap berpegang teguh kepada keyakinan beragama masing-masing, hal ini disesuaikan dengan sila pertama Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara dimana tiap-tiap warga negara harus beragama, apabila dia tidak beragama (tidak percaya terhadap adanya Tuhan) maka dia tidak dibenarkan berada dalam wilayah kesatuan republik Indonesia.

b.Melihat masyarakat Indonesia sebagai masyarakat yang mayoritas beragama Islam sebenarnya semua sila-sila dari Pancasila juga sudah menjiwai ajaran Islam secara komprehensif sehingga Pancasila akan tetap relevan dengan masyarakat Indonesia sebagai mayoritas pemeluk agama Islam.

c.Melihat masyarakat Indonesia secara umum yang memiliki berbagai keragaman, baik budaya, agama, ras, etnis, bahasa, dan lain-lain sebenarnya semuanya sudah dicover oleh lima sila Pancasila yang kesemua keragaman itu akan dijamin kelangsunganan dan keutuhannya. Sebagai masyarakat yang beragama sudah dijamin dalam sila pertama Pancasila, sebagai masyarakat yang berbudaya dan bernorma juga sudah tercermin dalam sila ke dua Pancasila, sebagai masyarakat yang super majemuk dicover oleh sila ke tiga Pancasila, dalam lingkup kenegaraan sebagai sebuah negara yang menganut sistem pemerintahan yang demokratis rakyat dan kesepakatan bersama (musyawarah) menjadi bagian utama yang hal ini tercermin dalam sila ke empat. Sebagai sebuah negara yang mempunyai masyarakat super majemuk tadi tentunya sangat dibutuhkan sebuah implementasi dari masing-masing sila tersebut yang akan dapat dirasakan oleh masyarakat nantinya, hai ini juga sudah secara spesifik tercover oleh sila ke lima Pancasila.

d.Sehingga dapat disimpulkan bahwa sebenarnya Pancasila mempunyai kemampuan yang cukup tinggi dalam mempengaruhi dan menyesuaikan diri dengan segala kondisi perkembangan zaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar